Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang bermutu dalam menguasai bidang ilmu kependidikan perkantoran dan/atau ilmu administrasi perkantoran dan mampu melaksanakan tugas profesional sebagai tenaga pendidik, peneliti, praktisi dan konsultan pendidikan Perkantoran; serta menguasai keterampilan manajerial dalam memberikan layanan manajemen perkantoran.
  2. Menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran maupun kajian multidisipliner yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya bidang administrasi perkantoran
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, khususnya terkait dengan bidang keilmuan pendidikan administrasi perkantoran dan bidang lain yang relevan
  4. Menghasilkan kemitraan atau jalinan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak terkait, baik pada tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional, dalam rangka optimalisasi perwujudan visi dan pencapaian misi.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan berbasis kearifan lokal.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Pengembangan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS UNM pada kurun waktu lima tahun ke depan (2016-2020) diarahkan untuk mencapai sasaran pencapaian tujuan prodi.  Hal ini telah dirumuskan dalam rencana strategis (Renstra) PS PAP FIS UNM tahun 2016 (dokumen Renstra terlampir).  Renstra tersebut dirumuskan secara detail dan terukur sehingga tergambar pencapaian tahunan.  Dengan demikian, dapat memudahkan dalam pelaksanaan evaluasi.  Tahun 2016-2020 prioritas program dititikberatkan pada penguatan tatakelola dan  pemenuhan standar pelayanan.

Tabel 1.1. Sasaran dan Strategi Pencapaian Jangka Menengah Lima Tahun

 

No Sasaran Baseline Target Strategi
 2018-2020 2021-2023 2024-2025
1. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing lulusan.

 

 

 

 

 

 

 

 

a.   Peningkatan kualifikasi dosen

 

50% 70% 80 % 90 % 1.   Mengirim dosen untuk studi lanjut S3 (tugas/izin belajar) sesuai dengan bidang keahliannya, minimal 1 orang setiap tahunnya.

2.   Penyediaan informasi dan akses bagi berbagai pelatihan/workshop yang dapat diterapkan dalam pencapaian tujuan prodi.

Diupayakan agar setiap semester, prodi dapat mengirimkan utusannya mengikuti pelatihan.

b.    Peningkatan kompetensi dosen

 

70 % 80 % 90 % 100 % 1.    Mendorong dosen memeroleh sertifikasi kompetensi professional

2.    Mengikuti workshop Pengembangan sistem pembelajaran berbasis Student Center Learning (SCL).

3.    Workshop penulisan buku ajar/diktat kuliah sebagai panduan belajar mahasiswa.

c. Peningkatan daya saing lulusan Rata-rata IPK ≥ 3,47

 

Rata-rata IPK ≥ 3,50

 

Rata-rata IPK ≥ 3,60 Rata-rata IPK ≥ 3,75

 

1.  Perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran berbasis IT.  Saat ini telah tersedia program e-learning.

2.  Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran (Lab Komputer, Ruang Microteaching, Ruang Simulasi Perkantoran, Inkubator kewirausahaan).

3.  Penyediaan  Media Pembelajaran

4.  Menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa yang bermasalah melalui proses kepenasehatan akademik

d.   Rerata lama studi 4 thn 3 thn 10 bln 3 thn

8 bln

3 thn 5 bln 1.    Meningkatkan layanan konsultasi akademik oleh dosen secara face to face.  Saat ini beberapa dosen menerapkan metode coaching, sehingga lebih meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

2.    Memantau kemajuan belajar mahasiswa.

3.    Melakukanpenelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa minimal satu kali dalam setahun.

4.    Merancang kurikulum yang komprehensif yang mampu ditempuh mahasiswa paling cepat semester 6 (semester 7 dan 8 untuk tugas akhir)

5.    Menyediakan dan memfasilitasi layanan dan konseling bagi mahasiswa bermasalah melalui UPT LKPM.

 

e.  Lama masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama 3 bln 2 bln 1 bln 1 bln 1.    Mendorong mahasiswa melakukan kegiatan non-akademik (ekstrakurikuler)

2.    Pembekalan mahasiswa tentang kepemimpinan, kewirausahaan, TIK, dan Bahasa Inggris.

3.    Kerja sama program  studi dengan stakeholders untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan tenaga kerja (SMK Perkantoran baik negeri dan swasta maupun instansi lain)

4.    Memanfaatkan jaringan alumni untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Saat ini terdapat Ikatan Alumni (IKRAR).

 

2 Jumlah hasil penelitian oleh dosen/penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa. 26 buah 28 buah 30 buah 34 buah 1.       Pemberian pelatihan dan merefresh pemahaman dosen PS tentang penelitian.

2.       Menyediakan akses penelitian yang bersumber dari hibah nondikti.

 

3 Jumlah publikasi ilmiah pada jurnal nasional 12 buah 15 buah 20 buah 30 buah 1.    Workshop penulisan artikel jurnal nasional serta tatacara publikasi  hasil penelitian pada jurnal nasional

2.    Menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk memeroleh penelitian.

 

4 Jumlah publikasi ilmiah pada jurnal Internasional 4 buah 6 buah 8 buah 10 buah 1.    Workshop penulisan artikel jurnal international serta tatacara publikasi hasil penelitian pada jurnal internasional

2.    Memberikan pelatihan tentang tata cara penulisan guna menghindari plagiasi

 

5 Jumlah buku yang  dipublikasikan (ISBN) 2 buah 6 buah 8 buah 10 buah 1.    Workshop penulisan buku dengan dana universitas (program penulisan buku ajar)

2.    Mendorong dosen PS untuk mengikuti hibah penulisan buku ajar yang diadakan oleh DIKTI dengan cara mengunduh pengumuman dari laman DIKTI.

 

6 Jumlah perolehan HAKI 2 buah 4 buah 5 buah 6 buah Melakukan pelatihan tentang penelitian yang berorientasi HAKI
7 Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa 10 buah 12 buah 15 buah 1.    Memberikan akses dana hibah PNPB pengabdian yang di koordinir oleh fakultas.

2.    Mendorong dosen untuk mengajukan proposal pengabdian yang didanai oleh DIKTI dan DPPM UNM.

3.    Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang membutuhkan keahlian  administrasi/manajemen perkantoran.

4.    Melakukan pelayanan kepada masyarakat/guru SMK Khususnya paket keahlian perkantoran  berupa konsultasi dan pelatihan untuk pengembangan profesi.

 

8 Penghargaan yang di peroleh civitasakademika (Dosen dan Mahasiswa) Dosen

 

 

5 buah 7 buah 10 buah Mendorong dosen untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang relevan (hibah dikti, dosen berprestasi, dll)
Mahasiswa 4 buah 6 buah 8  buah 1.    Peningkatan kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler

2.    Mahasiswa berprestasi lomba karya tulis ilmiah, serta program penghargaan oleh berbagai lembaga)

 

9 Kerjasama dengan lembaga lain 10 buah 15 buah 20 buah 25 buah 1.    Meluaskan jejaring lembaga dengan berbagai pihak baik lokal, regional, nasional dan internasional.

2.    Membangun inisiatif kerja sama dengan lembaga lain baik lokal, regional, nasionaldan internasional.

 

10 Peningkatan jalinan kerjasama dengan alumni 5 paket 10  paket 20 30  paket 1.    Updating data base alumni tiap semester

2.    Mengaktifkan komunikasi dengan alumni melalui internet (facebook, twitter, Whats App, line  dan Website)

3.    Alumni menjadi partner dalam perekrutan Maba, informasi lowongan kerja, sumbangan dana, magang, penyediaan fasilitas, pengembangan jejaring pada kegiatan PS (akademik dan nonakademik)

 

Berdasarkan tabel sasaran tersebut, maka Renstra Prodi PAP FIS UNM, dituangkan secara lebih operasional dan terukur.  Dengan demikian, akan memudahkan gugus Penjaminan Mutu Prodi PAP FIS UNM untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya.