Ujian Kompetensi Kejuruan SMK Garudaya Libatkan Prodi PAP FIS-H UNM Sebagai Penguji Eksternal

Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) Tahun Ajaran 2021/2022 oleh SMK Garudaya Bontonompo melibatkan pihak Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ilmu Administrasi (JIA) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai penguji eksternal.

Uji Kompetensi tersebut dibagi menjadi dua tahapan, yakni ujian internal dan eksternal. Ujian internal telah dilaksanakan pada Februari lalu. Sementara itu, ujian eksternal dilaksanakan di SMK Garudaya Bontonompo, Kabupaten Gowa pada Selasa (8/3).

Penguji eksternal melibatkan 2 orang dosen PAP JIA FIS-H UNM, yaitu Muhammad Darwis dan Jamaluddin, sementara itu ujian internal yang telah dilaksanakan sebelumnya diuji langsung oleh guru-guru OTKP SMK Garudaya Bontonompo Kabupaten Gowa, antara lain Subaedah, Nurdiah, dan Remiwati.

Muhammad Darwis sebagai KPS PAP JIA FIS-H UNM mengatakan, Pelaksanaan UKK tersebut bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

“Hal ini dilakukan dengan maksud untuk melihat keterampilan dan kompetensi calon lulusan. Sekaligus untuk memastikan bahwa mereka betul-betul memiliki skill yang siap kerja dan siap pakai pada lapangan kerja,” ungkapnya.

Dilihat dari sisi program studi sendiri tentu keterlibatan dosen sebagai penguji eksternal juga akan menambah nilai untuk pencapaian indikator kinerja utama, khususnya pada aspek dosen berkegiatan di luar kampus.

Ia mengatakan, para stakeholder SMK Garudaya Bontonompo sangat berharap kerjasama seperti itu dapat terus berlanjut.

“Bahkan bukan hanya sebatas pelaksanaan uji kompetensi kejuruan, tetapi jika memungkinkan juga pada kegiatan-kegiatan lain, seperti kegiatan penelitian, pengabdian dan pelatihan, baik bagi siswa maupun bagi guru-guru,” tutupnya. (*)